"Ada jalan yang kusebut namanya kenangan, sebab muaranya buntu, di mana cinta dan luka kerap bertemu dalam keadaan rancu" — David Tandri

Saturday, December 1, 2012

Submit Your Writings to David Tandri Official Blog


Bagi Anda yang suka menulis dan hobi berkarya dengan kata-kata, David Tandri Official Blog membuka kesempatan kepada Anda untuk ikut bergabung dengan menjadi penulis. Anda bebas mengirimkan tulisan apa saja yang sesuai dengan visi dan misi David Tandri Official Blog, baik itu artikel, cerpen, puisi, resensi, maupun format tulisan lainnya. Bagi tulisan yang layak muat, akan langsung dipublikasikan di halaman depan David Tandri Official Blog dan tulisan Anda akan berpeluang untuk dinikmati oleh jutaan pasang mata.

Untuk semakin mendukung dan memperunik program ini, David Tandri Official Blog akan memberikan tanggapan terhadap setiap karya yang masuk, termasuk memberikan penilaian dan perbaikan, bila dirasa perlu. Tentu ini akan menjadi suatu ajang diskusi bagi sesama penulis yang akan semakin meningkatkan kualitas tulisan yang dihasilkan.

Namun sebelum Anda mengirimkan tulisan kepada kami, ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa hal (pantangan) paling keras dalam bidang kepenulisan, yang juga menjadi syarat dasar dalam mengirimkan tulisan kepada David Tandri Official Blog. Tulisan Anda wajib memenuhi syarat-syarat berikut untuk dapat lolos dalam seleksi pemuatan tulisan:

1. Tulisan adalah karya asli penulis (bukan hasil plagiat, bukan saduran maupun terjemahan) dan tidak sedang diikutkan pada kompetisi apa pun dan tidak sedang dalam proses menunggu pemuatan di media massa. Untuk tulisan yang sudah pernah memenangkan lomba ataupun yang sudah pernah dimuat di media massa boleh diikutsertakan, namun penulis wajib mencantumkan keterangan pemuatan ataupun kompetisi yang diikuti dengan sejelas-jelasnya karena keterangan itu akan langsung dicantumkan di halaman blog.

2. Tulisan tidak memuat unsur SARA, pornografi, politis, propaganda maupun spam.

3. Tulisan diketik rapi dengan format standar penulisan dan dikirim dalam bentuk Ms Word (format .doc atau .docx), dikirim ke email contact@davidtandri.com. Cantumkan subjek sesuai dengan jenis tulisan yang dikirim. Mohon untuk tidak mengunci tulisan Anda dengan password untuk keperluan revisi editor.

4. Penulis diizinkan untuk menggunakan nama pena, namun wajib mencantumkan biodata asli pada saat pengiriman untuk keperluan konfirmasi. Lebih bagus jika mencantumkan foto (direkomendasikan).

5. Perhatian tegas bagi para penulis, untuk dapat membuat tulisan yang sesuai standar EYD. David Tandri Official Blog tidak menerima tulisan alay dan yang merusak kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baku.

6. Setiap tulisan yang layak muat akan mendapat konfirmasi resmi dari David Tandri Official Blog via email, dan link posting akan langsung diberikan pada email.

7. David Tandri Official Blog akan memberikan tanggapan dan/atau perbaikan atas tulisan yang dimuat langsung pada kolom komentar sehingga kelebihan ataupun kekurangan ini dapat juga dipelajari oleh seluruh pembaca yang lain. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan David Tandri Official Blog yang sangat mengutamakan prinsip berbagi dalam berkarya.

8. David Tandri Official Blog tidak menyediakan kompensasi untuk setiap tulisan yang dimuat. Program ini adalah murni program non-profit dan semata-mata ditujukan untuk saling berbagi di antara sesama penulis, sesuai dengan kebijakan David Tandri Official Blog yang telah dipaparkan di atas.

9. David Tandri Official Blog tidak memberikan tenggat waktu dalam pengiriman karya dan pemuatan karya. Karya yang dimuat semata-mata adalah karya yang dirasa cocok dengan visi dan misi yang diusung David Tandri Official Blog, dan sama sekali tidak menjadi patokan/baku mutu suatu tulisan dalam perbandingannya dengan media lain.

10. Apabila di kemudian hari ada penulis yang ingin membatalkan pemuatan karyanya, maka penulis yang bersangkutan wajib mengirimkan pengajuan tertulis via email kepada David Tandri Official Blog. Namun demi kelancaran program ini, kami sangat mengharapkan keseriusan dari para penulis untuk betul-betul berpartisipasi dengan konsisten. Penulis yang membatalkan tulisannya tiga kali berturut-turut akan di-blacklist oleh David Tandri Official Blog dan tidak akan mendapatkan kesempatan muat lagi di kemudian hari.

11. Penulis yang tulisannya telah dimuat sekurang-kurangnya 5 (lima) judul akan dibuatkan menjadi label khusus oleh David Tandri Official Blog sesuai dengan nama penulisnya.

12. David Tandri Official Blog berhak untuk merevisi setiap tulisan yang masuk, tanpa mengurangi substansinya.

13. David Tandri Official Blog tidak bertanggung jawab terhadap isi tulisan maupun konflik hukum yang terjadi. Hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis yang bersangkutan.

Nah, tunggu apa lagi? Segera kirimkan tulisan Anda dan mari kita saling berbagi di antara sesama demi kemajuan kualitas tulisan kita. Cerahkan tulisanmu, dan bahagiakan orang yang membacanya.

Salam sastra!

David Tandri Official Blog

Medan, 01 Desember 2012

TENTANG PENULIS >>>

DAVID TANDRI

Penulis muda dan blogger aktif kelahiran Medan, 01 Maret 1988. Menulis puisi dan prosa di berbagai media massa cetak dan online. Pernah memenangkan beberapa penghargaan menulis, baik di tingkat lokal maupun nasional. Beberapa puisinya terangkum dalam antologi "Menguak Tabir" (2012). Membaca dan fotografi adalah dua kegiatan yang dinikmatinya di sela-sela kesibukannya dalam berkarier. Kini berdomisili di Medan, Sumatera Utara.

Facebook: David Tandri

Twitter: @davidtandri

Website: www.davidtandri.com